NEED ASSESMENT
Program Basis Data Perpustakaan Mujahidin
Pelanggan
basis data kami adalah Perpustakaan Masjid Mujahidin, yang belum memiliki
program basisdata untuk pengunjung perpustakaan mini tersebut. Melihat kondisi
perpustakaannya, tidak begitu luas, dan buku-bukunya tidak begitu banyak
sebanyak di perpustakaanperpustakaan biasanya. Namun buku-buku yang disediakan
adalah buku-buku primer dan buku-buku rujukan sehingga, setiap hari ada banyak
pengunjung yang silih berganti datang untuk membaca atau meminjam buku.
Maka dari itu, kami
memandang perlu membuat basis data sederhana untuk perpustakaan tersebut.
Basis
data yang kiranya akan kami buat memiliki sistem yang gambarannya kurang lebih
seperti berikut:
1. Ada admin atau operator yang mengoperasikan komputer
2. Pengunjung mengisikan data pengunjung langsung di komputer (baik
membaca, meminjam, atau hanya berkunjung).
3. Peminjam buku harus memiliki kartu anggota,
diketahui pada saat peminjaman buku harus menunjukan kartu anggota. Jika belum
mempunyai kartu anggota hanya boleh membaca di perpustakaan, tidak diizinkan
untuk meminjam buku.
4. Syarat untuk menjadi anggota adalah dengan
melakukan registrasi dan membayar biaya
administrasi dengan jumlah tertentu.
5. Data pengunjung yang dimasukkan diolah dan disimpan dalam basis data
yang akan kami buat, untuk mengetahui statistik pengunjung tiap hari/ tiap
pekan/ tiap satuan waktu tertentu.
6. Data statistik yang dapat dilihat dari database yang ada tersebut
nantinya akan digunakan untuk kepentingan penambahan buku, analisis kebutuhan
buku, pertimbangan perluasan tempat, dan lain sebagainya sesuai kebutuhan
perpustakaan tersebut.
Data-data yang diinputkan baik oleh operator atau
pengunjung kemudian diolah dan dikelompokkan sehingga akan
menghasilkan basis data:
1. Registrasi Pengunjung
(Nama, No.HP, No.Anggota, Email, Golongan Darah)
Data registrasi ini di isi selain untuk kepentingan perpustakaan data ini juga untuk keperluan-keperluan sosial
masjid, seperti golongan darah, data tersebut dirahasiakan, sehingga tidak dapat diakses oleh orang
lain selain operator perpustakaan.
2.
Identitas
Pengunjung (Nama, Waktu kunjungan, Nomor kunjungan, kriteria pengunjung)
Identitas pengunjung diisi oleh pengunjung saat
pengunjung datang ke perpustakaan.
Waktu
kunjungan berguna untuk mengetahui statistik jumlah pengunjung yang ramai pada
waktu kapan saja. Kriteria
pengunjung berupa membaca, meminjam atau hanya berkunjung
3. Daftar buku(judul buku dan kode buku)
4. Daftar Baca (Nomor Kunjungan, Banyak Buku, kode buku,
judul buku)
Data ini di isi oleh pengunjung saat pengunjung
telah selesai membaca, pengunjung membawa buku yang telah dibacanya ke operator
dan mengisi beberapa data
Buku
yang dibaca dicantumkan ke dalam daftar karena dengan begitu nantinya dapat
diketahui data statistik buku apa saja yang sering dibaca dan perlu ditambah
jumlahnya.
5. Daftar Pinjam (Kode buku, Waktu peminjaman, Nomor Anggota, Nomor kunjungan, Waktu Pengembalian).
Waktu
peminjaman satu buku maksimal adalah satu minggu atau terhitung tujuh hari.
Batas jumlah buku yang dipinjam adalah 3. Peminjaman dilakukan dengan
menyerahkan kartu anggota perpustakaan. Dicek apakah sudah memiliki kartu
anggota atau belum, jika belum buat kartu anggota saat itu juga dengan membayar
sejumlah uang. Kemudian dicek apakah batas jumlah buku yang dipinjam sudah
melebihi atau belum, kalau belum boleh menambah peminjaman buku. Jika sudah
berarti harus mengembalikan buku-buku yang sedang dipinjam sehingga dapat
menambah peminjaman buku. Apabila telat mengembalikan buku, maka harus membayar
sanksi saat pengembalian.
6.
Denda(Nama,
denda)
Kelompok:
-
Baiq Syafira N.Z
- Ihtisyamah Z
-
Ati Tasmiati D
-
Nurita Yulia P
-
Lawita Sondang
Online Casino site – Live Dealers and Bonuses
BalasHapusIf you are keen to use the Online Casino website, then you should check out Live Casino's review of what games luckyclub it has to offer! Rating: 3 · Review by LuckyClub